Jumat, 20 Januari 2017

Ekspektasi Pencapaian di Tahun 2017

Selamat pagi dan selamat menyambut #KampusFiksi 10 Days Writing Challenge Day 3!

Topik hari ini: Sebutkan 5 hal yang ingin kamu capai di tahun ini

Wah ini topik yang sesuatu, bikin deg-degan semangat, sampai bisa bikin saya ngetik tulisan ini pagi-pagi hehehe.

Sampai sekarang saya kadang merasa 'lost in time' ini beneran ya udah tahun 2017? Tahun 2016 udah lewat gitu aja tanpa adanya pencapaian yang berarti? Target-target yang harusnya udah tercapai di tahun 2016 kok nyatanya malah tak tercapai, dan hal lainnya yang membuat stres depresi saya kambuh lagi.

Tapi sudahlah, ikhlaskan, mau bagaimanapun juga, ini kenyataan. Lebih baik tenangkan diri sambil mulai menetapkan target-target yang ingin dicapai di tahun 2017 ini kemudian menyusun strategi untuk mencapainya. Jadi, berikut adalah target 2016 yang saya susun ulang kembali sebagai pencapaian yang ingin/harus diraih di tahun 2017.


1. Lulus

Demi Tuhan ini target yang wajib dicapai tahun ini, tak ada kata tidak! Gelar harus didapat, saya tidak boleh menyia-nyiakan dukungan dari orang-orang yang saya sayangi lagi, tak boleh menyia-nyiakan segala sumber daya yang telah mereka sediakan demi tercapainya kelulusan saya. Saya juga harus bisa melawan diri saya sendiri supaya benar-benar bisa lulus tahun ini, secepatnya.


2. Mendapatkan Pekerjaan yang Cocok dan Mapan

Untuk ukuran cocok dan mapan, saya pikir itu relatif. Ditambah melihat kenyataan saat ini di mana mendapat pekerjaan itu sulit, saya tidak akan begitu ngoyo. Yang penting setelah lulus saya ingin langsung mendapat pekerjaan, sambil berdoa semoga memang mendapat pekerjaan yang cocok dan memiliki prospek yang bagus. Memang itu tidak akan terjadi secara langsung karena setiap orang memiliki rezeki dan proses yang harus ditempuh masing-masing, tapi cukuplah ini menjadi motivasi untuk berusaha, soal ke depannya biarkan Tuhan yang memutuskan.


3. Menyelesaikan Proyek Komik Webtoon Challenge

Ya, saya benar-benar merasa bersalah karena proyek komik Webtoon Challenge yang digagas teman ini statusnya masih menggantung belum dilanjutkan akibat kondisi saya. Padahal dia mengajak saya untuk berkolaborasi membuatnya demi saya juga, supaya saya bisa percaya diri, maju mengembangkan kemampuan saya, supaya kami berdua bisa membuat sesuatu yang berarti dan memuaskan dengan menggunakan gabungan dari kemampuan kami masing-masing. Tapi maaf gara-gara saya semuanya jadi tersendat, padahal dia sudah memberi kepercayaan yang begitu besar untuk saya. Ditambah lagi ketika membaca komentar dari para pembaca yang ternyata di awal tahun ini masih saja ada yang membaca komik tersebut padahal baru berupa prolog, membuat saya makin terharu sekaligus bersalah. Terima kasih banyak sudah membaca dan berkomentar memberi dukungan supaya cepat update, semoga sehabis urusan skripsi ini beres saya bisa membantu teman saya untuk merumuskan konsep cerita dan melanjutkan komiknya kembali. :")


4. Improve Menggambar dan Menulis

Sebenarnya ini keinginan dan target yang selalu ada setiap tahun, bahkan setiap saat, tapi sayang ketidakkonsistenan dan kemalasan saya menghancurkan itu semua. Apalagi soal menggambar saya sudah hiatus lama sekali. Tahun ini saya harus membuat banyak kemajuan di kedua bidang tersebut. Saya harus mulai berani untuk menyambut ajakan kolaborasi/permintaan menulis fanfiction/cerita apapun itu termasuk juga ilustrasi dari orang-orang, tidak boleh langsung menolak hanya karena merasa masih jelek tidak percaya diri, yang penting coba dulu. Dan semoga tahun ini saya bisa memiliki pentab aamiin~


5. Jadi Pribadi yang Lebih Positif dan Sehat

Ini adalah hal yang paling penting, karena tanpa ini semua target yang saya tetapkan akan sulit untuk tercapai. Saya harus bisa melawan diri sendiri secara bertahap, mulai dari menyingkirkan pikiran-pikiran negatif yang hanya akan membuat ciut takut dan depresi. Sudah cukup saya bergelung tak berdaya dengan ketakutan-ketakutan yang diciptakan oleh pikiran saya sendiri, yang justru malah menghambat langkah saya untuk maju dan membuat fisik saya sering jatuh sakit seperti beberapa tahun terakhir ini. Secara fisik dan mental terutama di tahun 2016 ke belakang, saya merasa benar-benar hancur dan terpukul hingga ke titik terendah hidup selama ini, karena itu di tahun 2017 ini saya ingin berusaha untuk hidup dengan tubuh yang sehat, pikiran yang positif tak mudah menyerah, dan bahagia sambil tak lupa mendekatkan diri pada Tuhan demi ketenangan batin dan kelancaran usaha.

Demikian lima keinginan/target saya untuk tahun 2017, sebenarnya ada lebih banyak, tapi itu adalah lima hal terpenting yang ingin saya capai di tahun ini. Semoga saya benar-benar bisa mengusahakannya, tak sekadar menjadi omong kosong belaka.

Mari kita sambut 2017 ini dengan pencapaian positif penuh karya! :)



Tak apa mengulang lagi
Dan janganlah menyerah
Di sana pasti ada tepian
Suatu saat kau pasti akan sampai

Get over it!

(JKT48 - River)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar