Senin, 23 Januari 2017

Diremehkan itu Biasa

#KampusFiksi 10 Days Writing Challenge sudah memasuki Day 6 aja wooow~

Topik kali ini: Ceritakan tentang hal di mana kamu pernah membanggakan sesuatu sementara orang lain justru meremehkan

Sulit juga.
Saya jarang membanggakan sesuatu dari diri saya sih, yang ada malah sering minderan.

Tapi mungkin cerita ini bisa masuk kategori itu kali ya. Ketika saya akan memasuki kelas XI SMA orang-orang baik guru, keluarga, maupun teman menyarankan (ada beberapa yang menyuruh malah) untuk memilih jurusan IPA karena nilai saya cukup di sana, saya juga ketika kelas X masuk ranking 10 besar. Namun setelah menimbang-nimbang saya memilih untuk masuk kelas IPS, karena saya benci FISIKA. Ya itu memang alasan pecundang tapi sudahlah saya gak peduli, saya gak mau memaksakan diri masuk IPA.

Akhirnya orang-orang pun menyerah dan membiarkan saya memilik jurusan IPS yang sedihnya selalu mendapat stigma negatif di mana-mana, hingga berujung diremehkan. Kadang juga suka dikomenin padahal penampilan ala anak IPA tapi kok malah masuk IPS tapi yasudahlah sekali lagi saya tak peduli~ saya bangga kok masuk IPS~ dan kerasa masuk jurusan IPS itu memang takdir saya, saya banyak merasakan pengalaman baru di sana, saya juga mulai mendapat teman-teman yang perlahan bisa membuka diri saya, saya juga bertemu seseorang di kelas itu /ehm/ hahaha. Intinya saya cukup senang karena di sana saya mulai bisa menjadi sedikit sosial tidak se-individualis sebelumnya.

Saya bukan orang yang ambisius sih karena itu ketika saya mendapatkan ranking pertama selama kelas XI dan XII IPS bahkan ketika acara perpisahan kelulusan SMA dinyatakan sebagai lulusan terbaik jurusan IPS seangkatan, saya malah merasa kaget. Serius nih? Saya merasa gak segitunya pantas menyandang gelar itu sih, tapi patut disyukuri dan dibanggakan setidaknya saya pernah mencapai sesuatu sebelum kemudian pas kuliah malah merasa hancur-hancuran huhuhu. :'( Ah, buruan lulus gih~

Selain itu kalau dari sisi hobi, saya suka sekali dengan segala hal yang berhubungan dengan Jepang dari kecil. Maklum dari kecil tontonan anime, tokusatsu, dan bacaan komik mau gak mau bikin saya jadi gitu hahaha.Tapi ya gitu, menurut pandangan orang-orang, hobi macam itu tuh suka dianggap hobi yang gak keren, ewww banget katanya, masa sampai udah gede gini hobinya itu? gak keren dan kurang berfaedah, katanya.

Diremehkan dan dianggap aneh seperti itu oleh orang-orang baik keluarga maupun teman sempet bikin saya minder dan gak bisa mengekspresikan diri saya. Saya sempat menutupi hobi saya tersebut tapi lama-lama gak bisa juga hahaha, bagaimanapun juga ini diri saya. Ya, saya ini Hani yang dari zaman SD sampai sekarang kuliah sukanya baca komik dan nonton anime, temen-temen dari SD sampai sekarang juga mengidentikkan diri saya dengan itu. Biarin aja deh saya bangga kok yang penting hobi saya itu menjauhkan saya dari berbuat kriminal dan terjerumus pergaulan bebas~ terjerumusnya ya paling ama fandom sih wkwkwk tapi lumayan kok gara-gara itu saya mulai belajar buat nulis dikit-dikit lewat fanfic meski yang dipublish baru dua biji lololol //plak. Lagian saya mulai bisa bahasa inggris dikit-dikit gara-gara pas zaman SMP maksain nonton anime Naruto sub English, kalau dulu gak ngelakuin itu entahlah mungkin sampai SMA saya gak ngerti bahasa Inggris hahaha //plak

Saya bangga dengan hobi saya apalagi sejak saya bertemu dengan teman-teman yang membuat saya merasa tenang untuk mengekspresikan diri, meski saya merasakan bahwa akhir-akhir ini, semakin saya menjadi dewasa, semakin saya sadar harus menyeleksi siapa-siapa saja yang bisa saya perlihatkan diri saya yang menyukai hobi ini.

Ya begitulah, ironis, semakin saya dewasa dan dituntut untuk menjaga sikap, saya malah makin tenggelam dan merasa enjoy dengan hobi ini karena ada media lain yang mendukung, hingga membuat saya harus membuat identitas lain untuk sepuasnya mengekspresikan diri hanya pada orang-orang tertentu.

Perang batin.

Tapi meski begitu, saya merasa bahagia karena bisa produktif dengan cara saya sendiri, meski di mata orang awam saya ini menyedihkan, masih jauh dari kategori sukses sesuai standar masyarakat.

Tenang, saya tau kok kewajiban saya apa saja.

Yang penting bahagia dulu, kan?


Jangan pegang langkahku
Kuingin bergerak
Jangan pegang tanganku
Kuingin bergerak


(Peterpan - Bebas)

1 komentar: